LintasAceh.com - Sakit pinggang adalah Rasa sakit atau nyeri yang sering dirasakan pada bagian pinggang belakang. Posisi pinggang yang terletak bagian pinggul, tulang ekor

PENTING...Mengenal Sakit Pinggang dan Penyebabnya

LintasAceh.com - Sakit pinggang adalah Rasa sakit atau nyeri yang sering dirasakan pada bagian pinggang belakang. Posisi pinggang yang terletak bagian pinggul, tulang ekor dengan rongga dada.

Gejala Sakit Pinggang 

Gejala utama yang sering di rasakan si penderita sakit pinggang belakang adalah nyeri di bagian pinggang, Ada beberapa jenis nyeri pada penderita sakit pinggang belakang yang dapat di rasakan si penderita. Biasanya nyeri pinggang yang dirasakan bebrapa paktor tergantung dari penyebabnya. Beda lagi dengan nyeri pinggang belakang akibat penyebab saraf, dan berbeda lagi dengan nyeri pinggang akibat sakit ginjal.

 Beberapa tipe rasa nyeri yang biasa dirasakan oleh penderita sakit pinggang pada bagian belakang.
  • Nyeri aksial: nyeri aksial sering disebut dengan nyeri mekanis. Nyeri aksial gejala yang paling sering dirasakan oleh si penderita dengan rasa sakit pada bagian pinggang belakang. Nyeri aksial biasa di rasakan seperti rasa tajam atau tumpul, sponstan, datang dan pergi. Biasanya nyeri pinggang ini de sebapkan karena tegang nya otot.
  • Referred pain (nyeri kiriman): Bisa di rasakan  nyeri tumpul dan dan tidak enak yang berpindah pindah dan intensitasnya berbeda-beda. Biasa nya penderita nyeri ini sering merasakan berpindah-pindah dari punggung belakang ke selangkangan, pelvis, bokong, dan paha atas. Pada umum nya penyebab nya adalah gangguan pada saraf sensoris misal akibat diskus degeneratif.
  • Radicular pain (nyeri menjalar): Bisa di rasakan dengan rasa nyeri yang dalam dan menjalar melalui ekstremitas (tangan atau kaki). Pada umum nya nyeri ini disertai dengan sensasi kebas dan kesemutan atau lemah nya alat gerak contoh nya seperti kaki susah untuk di gerakkan. Biasa nya tipe nyeri ini disebabkan oleh penekanan, peradangan, dan atau cedera saraf di tulang belakang atau sciatica dan bisa juga disebabkan oleh diskus hernia.

Penyabab

Penyebab yang sering timbul kebanyakan dari kasus sakit pinggang belakang berhubungan dengan ketegangan otot, cedera, postur tubuh yang tidak sesuai. Namun terdapat berbagai kondisi lainnya yang bisa mengakibatkan sakit pinggang bagian belakang.

Ada beberapa penyebab yang sering penderita alami:
  • Ibu Hamil: Biasanya ibu hamil sering merasakan nyeri pada bagian pinggang belakang saat hamil,hal merupakan yang sering terjadi pada ibu hamil.
  • Spasme otot: Rasa nyeri ini yang berkontraksi sekelompok otot dengan tidak sadar. Spasme otot biasanya penderita mengalami rasa nyeri hanya beberapa detik saja, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi hingga hitungan menitts.
  • Masalah ginjal: Penyebab ini yang sering di rasakan si penderita dengan adanya batu ginjal ataupun penyakit ginjal lain akibat infeksi juga dapat menyebabkan nyeri pinggang belakang.
  • Appendix vermiformis: Penyebab ini yang sering di sebut dengan si penderita adalah Usus Buntu.
  • Sciatica: Ini yang di sebabkan denyan penyempitan urat saraf pada bagian pinggang belakan

PENGOBATAN

Untuk pengobatan yang di anjurkan agar kita tahu penyabab masalah sakit pinggan yang kita rasakan, kami menyaran kan penderita segera periksa kedokter terdekat kususnya bagian ortopedy, agar tdak salah penggunaan obat karena bisa membahayakan diri anda sendiri.
Sumber: http://www.tribunbarat.com
Share To:

Win Kucak

Post A Comment:

0 comments so far,add yours